Skip to main content

Featured

Blackberry 9220 Tidak Mengisi

Solusi terapan dari ilmu yang dishare Tiander selular. Jika mengalami Handset blackerry 9220 mengalami masalah dalam pengisian daya, ikuti langkah-langkah penyelesainnya seperti berikut ini : Gambar oleh tiander selular Gambar oleh tiander selular Gambar oleh tiander selular Gambar oleh tiander selular Demikian postingan singkat ini dibuat, semoga bermanfaat.

Install Joomla pada Domain Gratis

Artikel ini mulai saya tulis pada hari jum’at 15 okt 2010, setelah beberapa hari sebelumnya saya mempelajari tutorial tentang joomla di ilmukomputer disitu banyak sekali perlajaran yang saya peroleh, akan tetapi dalam turorial tersebut domain dan hosting yang dipakai untuk praktek merupakan domain dan hosting berbayar.

Karena tidak memungkin untuk membeli domain, meski murah tapi karena tempat tinggal saya jauh dari kota untuk melakukan registrasi pendaftaran domain. Maka saya coba buat alamat pada domain gratis yang sebelumnya pernah saya buat.

Untuk domain saya dapat dari www.co.cc dan untuk hosting saya dapat dari www.000webhost.com cara pendaftaran domain dan hosting gratis pernah saya jelaskan pada artikel saya sebelumnya.

Langsung saya mulai dari langkah pertama instalasi;

  • Setelah anda mempunyai akun untuk domain dan hosting langkah awal yang harus anda lakukan adalah mendownload Joomla_1.5.21-Stable-Full_Package pada website joomla.org.

  • extract file joomla yang telah anda download pada folder kosong yang telah anda buat untuk mengawali pekerjaan ini.




  • selesai proses extract file beres kemudian anda siapkan buka filezila untuk proses upload file kedalam hosting yang nantinya akan menjadi direktori untuk semua file joomla anda, jika anda belum memiliki filezila anda bisa download disini.




  • Masukkan alamat ftp hosting anda pada kolom mesin, kemudian user ftp anda pada kolom nama pengguna dan password ftp anda pada kolom kata kunci, lalu klik koneksi cepat.



Gambar diatas menunujukkan proses koneksi telah berhasil.

  • Selanjutnya anda tinggal memilih direktori file joomla yang telah di-extract pada situs lokal kemudian sorot semua file lalu klik kanan dan klik upload.




  • Sebelum proses uploading pastikan bahwa folder public_html pada situs remote anda kosong agar tidak ada kesalahan nantinya dalam proses instalasi.




  • Pada gambar diatas folder public_html milik saya telah berisi sebab sudah melakukan proses uploading seblumnya. Jika hosting ada baru dibuat folder tersebut hanya berisi satu file saja yaitu file index.php dan itupun harus anda hapus dikarenakan nanti terjadi crash dengan file milik anda. Tunggu samapai semua file selesai di upload.

  • buka alamat domain yang telah anda pada web www.co.cc saya contohkan web saya untuk domain dan hosting saya beri nama www.garmentsolve.co.cc anda akan disuguhkan tampilan instalasi seperti gambar dibawah.




  • Kemudian pilih bahasa yang anda kehendaki. Selanjutnya klik next untuk melangkah ke proses selanjutnya.


Disini anda akan melihat tampilan sinkronisasi file installer anda apakah terdapat error atau tidak. Jika      tampilannya seperti diatas kemudian klik next.



  • Pada gambar berikut anda melihat tampilan public license dari joomla.




  • Pada langkah berikut masukan data-data pada database hosting anda seperti gambar berikut.


Untuk pembuataan database anda bisa buka halaman ini.



  • Langkah selanjutnya adalah memasukan user ftp dan password ftp anda, yang sama pada saat membuka filezilla dalam proses uploading data.


Untuk FTP root path anda isikan secara otomatis dengan cara meng-klik tombol Autofind FTP Path. Kemudian klik next.



  • Proses akhir intalasi adalah konfigurasi yaitu anda tinggal memaskan nama web anda untuk halaman awal dan klik finish. Selesai sudah proses instalasi joomla ini. Jangan lupa untuk menghapus folder file instalasi pada aplikasi filezilla.




  • Tampilan awal web anda akan seperti gambar berikut karena masih original bawaan joomla kita tinggal edit dengan masuk ke halaman administrator untuk mengedit semua konten dari website anda.


Untuk proses editing konten saya akan bahasa pada artikel selanjutnya. Dikarenakan saat ini masih banyak kerjaan kantor yang harus saya selesaikan.


Comments

Popular Posts